Monday, November 20, 2006

cara Pandang

Seorang Ustadz pernah cerita cerita bagaimana perilaku perilaku yang saat ini berkembang. Kebanyakan kita dalam menyingkapi apa yang ada disekitar kita selalu bertujuan untuk diri sendiri. Bahkan kadang kala tujuan itu di raih dengan segala cara tanpa mempedulikan akibat dari cara yang kita tempuh tersebut bagi sekeliling kita. Dan semua itupun kita tidak mau dipersalahkan karena kita sering memberikan alasan kalau cara yang kita lakukan tersebut adalah demi semua.

Kita tak pernah mencari jalan tengah yang aman tanpa harus meninggalkan masalah baru. Kita mencari jalan yang aman bukan karena kita takut... bukan, karena kitapun sering mendengar kata kata “ Mengalah untuk menang “ itu bisa saja.

Contoh mudahnya saja, dalam rumahpun kita sering mendapatkan masalah masalah yang kadang sering bikin kita kesal. Orang tua yang cerewet yang sering larang ini larang itu, adik yang kolokan yang maunya macem macem yang terkadang ngerugiin kita. Lalu...
Apa kita akan memarahi adik kita atau... kesal sama orang tua...??? wah itu dosa. Trus gimana...??? ngomel ngomel dalam hati...??? jangan... ntar tekanan batin...stroke lagi.
Atau.. kita berusaha untuk merubah sifat ortu yang cerewet atau sifat adik kita yang kolokan...?? apa bisa...???

Merubah sifat itu susah Pak... Buk... Omm.. Tante...merubah bentuk orang mungkin saja bisa tapi untuk merubah sifat itu susah.. apa lagi kalo orangnya keras hati...

Sekarang mari kita coba menyingkapi semua yang ada disekeliling kita dengan sabar... ( Aa Gym juga bilang gitu ). Nggak usah merubah sifat orang, mari kita robah cara pandang kita tentang disekeliling kita.

Kalo orang tua cerewet.. kita nggak perlu merubah sifat cerewet orang tua kita... kita robah saja cara pandang kita kenapa orang tua kita cerewet... kita anggap saja orang tua kita karena emang dah tua...
” Maklum beliau kan dah tua...ntar kalo dah tua juga cerewet gitu kok... “
Atau...
“ Yah beliau bilang kan demi anaknya juga...”

Kita lihat saja dari sisi pandang yang baik baik. Nggak usah menaruh rasa kesal... pertama dosa trus... bisa stres...

Di luar rumah pun kita bisa begitu. Mari kita ubah cara pandang kita terhadap apa yang ada disekeliling. Kita cari sisi positifnya dengan apa yang terjadi, karena ini lebih aman dan tidak menimbulkan masalah masalah baru.

Kalau sedikit sedikit kita demo... banyak tuh yang jadi korban, pertama... perekonomian masyarakat yang berada disekitar demo pasti terganggu, baik orang yang jualan ataupun mobil angkutan kota... mereka kan takut kena lemparan. Sedangkan yang demo tersebut mo angkat persoalan perekenomian masyakat, masak harus korbankan perekonomian masyarakat juga. Kalo gitu apa bedanya dong sama ama yang didemo....? Atau Cuma buat gagahan kelompok kita biar di kenal orang banyak...???

Kalo kita rubah cara pandang kita menghadapi masalah nya... kita ambil sisi baiknya trus kita cari solusi dan bergotong royong buat ngatasi dampak yang timbul kan enak... ( masyarakat kita dikenal karena gotong royongnya lo ).

Maaf... ini harus ngobrol ngobrol bersama pak ustadz, kalau salah mohon maaf.

0 komentar: