Tuesday, November 28, 2006

Folder Pada FlashDisk Hiden

Beberapa hari ini beberapa flashDisk di kantor terkena masalah. Semua Folder yang terdapat dalam FlashDisk hilang, tapi waktu di Scan sama AntiVirus ( McAffe ) Folder yang hilang tersebut tetap terbaca. Namun tidak terdeteksi adanya Virus pada FlashDisk tersebut sedangkan McAfee-nya sudah menggunakan Update terbaru.

Begitu juga waktu di scan dengan AntiVirus keluaran PCMEDIA ( PCMAV RC10 ) bulan Desember 2006, Folder tetap terbaca namun masih saja tidak terdeteksi akan adanya Virus.

Di Internet dibeberapa situs yang saya baca mengidentifikasi kalo itu adalah hasil dari Virus, berdasarkan ciri cirinya yaitu semua folder di FlashDisk Hiden di nyatakan nama Virusnya adalah Moonlight.

Lalu ada juga dibeberapa situs yang saya baca menyatakan Virusnya adalah Virus SCR. Tapi apalah artinya sebuah nama, sebab sekarang yang perlu adalah bagaimana untuk mengatasinya.

Setelah di coba coba untuk meng non hidenkannya, aku coba buka pada windows explore dengan mengklik Open as Portable Media Device memang Folder tersebut akan muncul, begitu juga kalo di lihat pada Prompt dengan perintah dir/h, folder tersebut akan kelihatan. tapi ya kalo kalo di buka secara biasa tetap foldernya tidak akan keliahatan.

Tapi dari tanya tanya dan baca baca di berbagai situs akhirnya di ketemukan cara untuk bisa meng Non Hidenkan Folder tersebut dengan cara :
- Klik Start pada Windows
- Klik Run
- ketik CMD
- Masuk ke Drive di mana letak FlashDisk tersebut
Misal drive-nya ada di F maka ketik F: trus Enter
- Ketik Attrib -s -h -r /S /D lalu Enter
Syukur ternyata Folder tersebut akan muncul secara permanent.

Untuk sementara waktu langkah langkah itu dulu yang bisa saya informasikan. saya juga lagi nyari AntiVirus atau Software lain yang bisa lebih mempermudah untuk mengantisipasi masalah yang timbul seperti diatas.

Kalau ada memiliki cara lain yang lebih mudah mohon petunjuknya. Semoga bermanfaat. Trims

1 komentar:

Anie said...

wah.. untung bisa disembuhkan...