Tuesday, October 17, 2006

Google Adsense Basics

Pernah dengar soal Google Adsense...??

Program yang lagi tenar tenarnya di kalangan Web Master dan para Blogger, dengan harapan bisa mendapatkan Dolar dari kerjasama dengan Google.
Google Adsense adalah program affiliasi iklan dari Google. Nah kalo kita ikut bergabung untuk mengiklankan Iklan milik google yang kita butuhkan adalah ruang untuk meletakan Iklan tersebut di Web atau blog milik kita, dan nantinya setiap ada pengunjung yang meng klik iklan tersebut tentunya Google nggak akan berdiam diri saja... kita akan dibagi dollarnya (.

Lalu Gimana Caranya supaya kita bisa bergabung dengan Google Adsense..??
Nah yang jelas Kita harus memiliki Web atau Blog. Ini persyaratan yang mutlak dan nggak bisa di tawar tawar lagi... ( walo Anda bilang bakal tawarin kerumah rumah orang... ya aku yakin pasti tetap di tolak dech hehehe ).
Bikinlah Web atau Blog yang bagus dan bermutu sehingga web atau blog Anda bakal sering di lihat orang. Karena Pihak Team Google sebelum lulusin permintaan Anda untuk bergabung bakal survey dulu dan tentunya... kesempatan Anda untuk meraih dollar juga bakalan besar kalo web atau Blog Anda rame... :P

Trus... Usahain Web atau Blog Anda berbahasa Inggris, sebab katanya Google Adsense belum support ama bahasa Indonesia, tapi Saran aku neh, kalo Anda nggak gitu gitu ama ama Bahasa Inggris, cukup dech Anda posting beberapa buah artikel berbahasa Inggris yang dapat Anda cari di web web yang lain, kalo dapat satu halaman penuh dari Web atau Blog Anda.

Nah, Kalo Anda dah Diterima oleh team Google Adsense, Anda mulai memilih dan memasang Ads. Google Adsense memiliki 3 Macam Program Ads.

1. Adsense For Content
Adsense for content sendiri ada dua jenis, yaitu link unit dan ad unit.Untuk link unit, iklan berupa hiper link seperti halnya menu sebuah website.Sedangkan ad unit, iklan berupa sebuah kotak yang berisi tulisan atau banner yang isinya secara otomatis akan menyesuaikan dengan isi web.

2. Adsense for search,
Publisher akan diberikan sebuah box pencarian , tentunya dengan kode tertentu sesuai dengan akun di Google Adsense, publisher akan mendapatkan $ jika ada user yang menggunakan fasilitas search tersebut dan user mengklik link sponsor yang ada di halaman hasil pencarian.Jadi tidak setiap klik dari hasil pencarian akan mendapatkan $.

3. Program refferal
Kita akan diberikan sebuah text link atau banner untuk mempromosikan produk atau layanan dari Adsense ini.Untuk yang produk berupa software picasa dan google toolbar untuk firefox, publisher bisa mendapatkan $1 untuk setiap download produk ini, namun nilai $1 tidak mutlak, ada yang hanya mendapatkan $0.10 untuk setiap download produk tersebut.

Sekarang yang penting Anda lakukan adalah bagaimana berusaha untuk memperkenalkan membuat Web atau Blog Anda sering dikunjungi oleh orang. Usakan melakukan Promosi sehingga Web Atau Blog Anda terkenal, Promosi ini lebih baik dilakukan pada Search Engine terkenal seperti Google, yahoo dan MSN. Jangan mencoba melakukan spam dengan sering meng-clik Iklan website atau Blog Anda sendiri, jika ketahuan bisa di banned oleh system di GA (Google Adsense). System penentuan sah tidaknya suatu klik pada banner iklan adsense sudah dibuat lumayan canggih, tidak berdasarkan ip address saja, namun berdasarkan beberapa kriteria tertentu, jadi fokus saja di promosi dan isi content website Anda

PEMBAYARAN OLEH GA :

- Saat total pendapatan Anda di GA mencapai $50, maka akan dikirim pin untuk konfirmasi, namun ini tidak selalu ada, kalau tidak pernah terima pin tak masalah.- Jika total pembayaran sudah mencapai diatas $100, maka GA akan segera membuatkan sebuah cek untuk Anda, ke alamat Anda saat mendaftar.

- Pengiriman cek oleh GA bisa dua macam :
1. via pos biasa (bisa sampai 2 bulan terimanya), untuk member GA dari Indonesia biasanya dikirim dari Malmo, Swedia. Pengiriman ini tanpa biaya (ditanggung oleh GA)

2. via courier (DHL/Fedex), waktunya hanya 5 hari sudah sampai, ada biaya : $24 untuk setiap kirim. Biasanya untuk member GA dari Indonesia dikirim dari Dublin, Irlandia- Cek GA biasanya dari Bank HSBC atau CItibank.- Untuk proses pencarian bisa dilakukan di setiap bank ternama di indonesia (dng aturan sendiri2), proses cairnya sekitar 3 minggu dan ada biaya fee untuk bank itu (sekitar $10an)

LAIN-LAIN :

- Sejak pendapatan Anda mencapai $100, jika via kantor pos, maka terima uangnya bisa makan waktu 4 bulan (1 bulan untuk proses di GA, 2 bulan untuk kirim pos, 1 bulan untuk pencairan), memang lama, namun anggap saja investasi jangka panjang.

- Jika pendapatan Anda belum besar dan tergesa, lebih baik US$ dari GA di hold dulu (ada fasilitas ini di menu member), kumpulkan hasil dari beberapa bulan dulu , jika sudah dirasa besar jumlahnya, barulah minta dikirim!, kirim via DHL/Fedex lebih cepat dan lebih aman untuk jumlah yang besar.

- Jika pengiriman via kantor pos dan sampai 2 bulan belum tiba, Anda bisa minta ganti cek, maka cek yang lama sudah tidak berlaku lagi. Cek hanya bisa dicairkan oleh nama yang tertera disitu, jadi aman.

Nah sekarang bagaimana…???
Anda tertarik….???
Silahkan daftarkan web Atau Blog Anda di Banner Google Adsense pada Side Bar Advertise On This Site Blog ini.


…………………………………………
Diramu dari Arsip Millis Adsense-id, Portal Iseng


0 komentar: